header-int

UPDATE PUBLIKASI KARYA TULIS ILMIAH TADRIS IPA (2018-2022)

Rabu, 27 Apr 2022, 13:32:14 WIB - 183 View
Share

 

IMBAUAN:

1. Prodi mengucapkan terima kasih atas kontribusi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan publikasi ilmiah sehingga tersusun daftar karya tulis ilmiah civitas akademika Tadris IPA UIN KHAS Jember sejak tahun 2018 s/d 2022 (April) berikut ini.

2. Prodi selalu mendorong dan memotivasi dosen dan mahasiswa untuk terus aktif menghasilkan publikasi ilmiah dalam bentuk artikel jurnal, prosiding seminar, maupun tulisan di media massa sebagai aktualisasi tri dharma PT.

3. Bagi dosen dan mahasiswa yang karya tulisnya belum terdaftar harap melaporkan kepada prodi.

4. Setiap karya tulis ilmiah yang baru terpublikasi harap dilaporkan kepada prodi.

5. Agar tercipta kesinambungan antara karya tulis terdahulu dengan yang terkini, prodi mewajibkan setiap penulis karya tulis ilmiah Tadris IPA, baik skripsi maupun artikel, agar mencantumkan referensi dari artikel Tadris IPA terdahulu yang relevan seperti yang terdaftar berikut ini.

Korprodi

 

Dinar M. F., M.Pfis.

No Tahun Publikasi (Referensi dalam Format APA) Penulis Jenis
Dosen Mhs Kolaborasi Artikel di jurnal nasional ber-ISSN Artikel di jurnal nasional terakreditasi Kemdikbud/Ristek-BRIN Artikel di jurnal internasional Artikel di jurnal internasional bereputasi Artikel dalam prosiding seminar lokal/perguruan tinggi Artikel dalam prosiding seminar nasional Artikel dalam prosiding seminar internasional Tulisan di media massa lokal atau wilayah Tulisan di media massa nasional Tulisan di media massa internasional
1 2018 Suhardi, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Mind Map Terhadap Pemahaman Konsep Pendidikan Agama Islam Bagi Mahasiswa Iain Jember. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1(1), 29-29. v     v                  
2 2018 Susanti, L. Y., Hasanah, R., & Khirzin, M. H. (2018). Penerapan media pembelajaran kimia berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA/SMK pada materi reaksi redoks. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 6(2), 32-40. v       v                
3 2018 Munawaroh, S. B., Sudiarti, D., & Khusnah, L. (2017). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK TUMBUHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY KELAS VIII SMP ISLAM MAYANGAN GUMUKMAS JEMBER TP. 2016/2017. JURNAL BIOSHELL, 6(1). v       v                
4 2018 Aimah, M., Hasbiyati, H., & Khusnah, L. (2017). Penggunaan Aplikasi Macromedia Flash 8 Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioshell, 6(1). v       v                
5 2018 Hasanah, R., Susanti, L. Y., Rahayu, Y. S., & Jayanti, P. (2018, July). Science Process Skills to Facilitate the Achievement of Students’ Learning Outcomes. In 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing Identities through Language, Culture, and Education (SOSHEC 2018) (pp. 136-140). Atlantis Press. v                 v      
6 2018 Susilawati, & Zubaidi. (2018). PERBANDINGAN HASIL PEMERIKSAAN HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL DENGAN BEBERAPA METODE. MIKIA: Mimbar Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak (Maternal and Neonatal Health Journal), 2(1), 39–43 v       v                
7 2019 Suroso, J., Indrawati, I., & Harianto, R. The Impact of Interactive Physics Animate Media to Concept understanding of High School Students. v         v              
8 2019 Adawiyah, I. R., Kurniadini, D., Jefri Al Buchory, & Habibi, M. W. (2019, September 30). Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Pl@ntNet Dalam Proses Pembelajaran Siswa SMP. International Conference on Social Sciences And Humanities?: ICOSAH III, Universiti Sains Islam Malaysia, Negeri Sembilan, Malaysia. http://www.myaidconference.com/e-proceeding-archive.html     v             v      
9 2019 Fajar, D. M., & Rohmah, I. G. (2019). Kajian Eksperimen Pengukuran Suhu Matahari Menggunakan Peralatan Sederhana Sebagai Pengayaan Materi Radiasi di Tingkat SMA. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 9-18.     v v                  
10 2019 Suhardi, A. (2019). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MARGINAL MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP-PEREMPUAN (PKH-P). AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 10(1), 67-81.     v v                  
11 2019 Rosalina, S. S., Mawaddah, N. V., A., I. S., Hamdani, N. F., & Suhardi, A. (2019, September 30). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Android Pada Materi IPA SMP/MTs. International Conference on Social Sciences And Humanities?: ICOSAH III, Universiti Sains Islam Malaysia, Negeri Sembilan, Malaysia. http://www.myaidconference.com/e-proceeding-archive.html     v             v      
12 2019 Khusnah, L., & Arijanah, C. I. (2018). INSTRUMEN EVALUASI SIKAP SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING MODEL. JURNAL BIOSHELL, 7(1).     v   v                
13 2019 Rohman, H., Hasanah, R., Latifah, N. I., Saadah, F. Y., & Cincin Nohan Rembulan. (2019, September 30). Pengembangan Modul IPA Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Berbasis Kearifan Lokal Di Pesisir Papuma Ambulu Untuk SMP/ MTs Kelas VII. International Conference on Social Sciences And Humanities?: ICOSAH III, Universiti Sains Islam Malaysia, Negeri Sembilan, Malaysia. http://www.myaidconference.com/e-proceeding-archive.html     v             v      
14 2019 SUHARDI, A. S. A. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs). Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1). v       v                
15 2019 Lailatul Ulfa Maghfiroh, Nisak, K., Sholehuddin, Muh., & Hasanah, R. (2019, September 30). ANALYSIS OF WEED VEGETATION IN PADDY FIELDS IN KALIWINING VILLAGE, JEMBER REGENCY. International Conference on Social Sciences And Humanities?: ICOSAH III, Universiti Sains Islam Malaysia, Negeri Sembilan, Malaysia. http://www.myaidconference.com/e-proceeding-archive.html     v             v      
16 2019 Husna, A., Jannah, M., Nurhalimah, S., Junaedy, A. G., & Fajar, D. M. (2019, September 30). INTEGRASI SAINS DAN ISLAM DALAM MEMBENTUK GENERASI ULUL ALBAB: STUDI POTENSI LAMPU OTOMATIS SENSOR CAHAYA BERBASIS PENAFSIRAN SURAH AN-NUUR AYAT 43. International Conference on Social Sciences And Humanities?: ICOSAH III, Universiti Sains Islam Malaysia, Negeri Sembilan, Malaysia. http://www.myaidconference.com/e-proceeding-archive.html   v               v      
17 2020 Izzah, I. (2020, Juni 4). Transformasi Pendidikan di Era Pandemi. Mahasiswa Mengaji. https://www.mahasiswamengaji.com/transformasi-pendidikan-di-era-pandemi/   v                   v  
18 2020 Husna, A., Jannah, M., & Nurhalimah, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Getaran dan Gelombang Berbasis Pendidikan Karakter dalam Membentuk Iman dan Taqwa. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 2, 441-444.   v             v        
19 2020 Fikriya, A., & Fajar, D. M. (2020). Pengembangan Alat Peraga Bahaya Rokok dan Mekanisme Pernapasan Pada Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Eksakta: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 210-216.     v   v                
20 2020 Nisaq, K., & Fajar, D. M. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS VII MTSN 2 BONDOWOSO. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 177-185.     v   v                
21 2020 Kurniawan, R. A., Rifa’i, M. R., & Fajar, D. M. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran PhET berbasis Virtual Lab pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19-28.     v v                  
22 2020 Rosalina, S. S., & Suhardi, A. (2020). Need Analysis Of Interactive Multimedia Development With Contextual Approach On Pollution Material. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 93-108.     v v                  
23 2020 Rifai, M. R., Kurniawan, R. A., & Hasanah, R. (2020). Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan Aplikasi Plantnet pada Mata Kuliah Klasifikasi Makhluk Hidup. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 29-38.     v v                  
24 2020 Jannah, M., Husna, A., & Nurhalimah, S. (2020). Pembuatan Aplikasi Android Dengan Cepat Menggunakan Ispring Untuk Menunjang Pembelajaran Secara Daring. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 66-72.   v   v                  
25 2020 Rasyid, A. N. (2020). Astronomi dan Kosmologi dalam perspektif Al-Qur’an . VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 39-49.   v   v                  
26 2020 Rasyid, A. N., Amaliyah, S. ., & Nurlaili, A. I. . (2020). Kajian Kritis Penggunaan Aplikasi Tele-Conference Zoom dalam Perkuliahan Online Selama Masa Tanggap COVID-19. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 89-102.   v   v                  
27 2020 Ismiyanti, N. (2020). Perancangan Pembelajaran IPA Menggunakan Software Videoscribe. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 50-58.   v   v                  
28 2020 Suhardi, A., Susanti, L. Y., & Susilawati, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Mind Map Terhadap Pemahaman Konsep Stoikiometri. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 106-114.     v   v                
29 2020 Saadah, F. Y., & Susanti, L. Y. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ipa kelas VII MTs. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 81-90.     v v                  
30 2020 Abdillah, A., & Fajar, D. M. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ajung Melalui Praktikum GLB dan GLBB. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 48-54.     v   v                
31 2020 Khusnah, L. (2020). Persepsi Guru IPA SMP/MTs terhadap Praktikum IPA Selama Pandemi COVID-19. Science Education and Application Journal, 2(2), 112-118.     v   v                
32 2020 Suhardi, A., Rosalina, S. S., & Sutrisno, N. (2020). The Effectiveness of Science Multimedia Interactive Based on Aurora 3D Presentation on Student Learning Outcomes. THABIEA: JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING, 3(2), 110-119.     v   v                
33 2020 Aini, C. N., & Habibi, M. W. (2021). Development of Booklet Based Science Learning Media for Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 155-167.     v v                  
34 2020 Habibbulloh, M., Nurman, M., & Fajar, D. M. Effectiveness of Online Learning Implementation in Topic Dynamic Electricity during the Covid-19 Pandemic at Junior High School.     v     v              
35 2020 Suroso, J., Indrawati, S., & Mudakir, I. (2020). Profile of High School Students Science Literation in East Java (No. 4181). EasyChair. v                 v      
36 2021 Rifa'i, M. R., Kurniawan, R. A., & Pramono, B. (2021). THE FORMATION OF INTELLECTUAL AND SPIRITUAL INTELLIGENCE OF STUDENTS IN THE ERA OF ADVANCED SCIENCE AND TECHNOLOGY WITH T2R INNOVATION. JURNAL TARBIYAH, 27(2).   v     v                
37 2021 Kurniawan, R. A. (2021). Analisis Standarisasi Sarana, Prasarana dan Tenaga Laboratorium IPA MTs Negeri 8 Jember. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 6(1), 29-42.   v     v                
38   Rifa'i, M. R., Febriana, N. I., Azizah, F. A. N., Salma, F. F., & Habibi, M. W. (2021). Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA SMP Negeri 1 Sukodono Lumajang. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 6(1), 1-14.   v     v                
37 2021 Amalatus, R. B., Alifha, R. N., Ningsih, I. S., Hartono, A., & Ikbal, M. (2021). Analisis Studi Kelayakan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam di SMPN 2 Tempurejo. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 49-55.   v   v                  
38 2021 Ismiyanti, N., Windasari, R. ., M. S, A. ., H.M, V. ., & Aziz, A. . (2021). Identifikasi Standarisasi Laboratorium IPA di Salah Satu MTs Jember. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 41-48   v   v                  
39 2021 Rahmawati, D. R., & Wulandari, D. (2021). Pembelajaran dengan Media Berbasis Problem Base Learning pada Materi Tekanan dalam Mengembangkan Sikap Peserta Didik. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 1-15   v   v                  
40 2021 Suroso, J., Indrawati, Sutarto, Mudakir, I., & Chotib, M. (2021, March). Analysis of high school students’ skills in solving science problems in the environment. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2330, No. 1, p. 050004). AIP Publishing LLC. v         v              
41 2021 Fajar, D. M., & Habibbulloh, M. (2021). Pengembangan Modul IPBA Materi Sistem Bumi-Bulan Berbasis Integrasi Sains-Islam. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 126-140. v       v                
42 2021 Amallilah, F. D., & Susanti, L. Y. (2021). Application of the Virtual Laboratory Assisted Inquiry Learning Model for Understanding the Concept of Light Theory and Optical Instruments for Class VIII Students of SMPN 24 Bekasi. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 3(2), 175-185.     v   v                
43 2021 Imamah, N., & Susanti, L. Y. (2021). Development of Sigil-Based Additives and Addictive Substances Teaching Chart for Junior High School Students: Alternative Learning Resources During a Pandemic. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 15-30.     v v                  
44 2021 Rembulan, C. N., & Susanti, L. Y. (2021). The Effect of Virtual Laboratory Implementation on The Science Literacy Ability of Class VIII Students on Material Force and Movement of Objects at MTs Negeri 1 Jember. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 74-86.     v v                  
45 2021 Damayanti, A. T., Fajar, D. M., & Habibbulloh, M. (2021). Monoicado: Monopoly game modification for science learning on Light and Optical Instruments. Science Education and Application Journal, 3(2), 89-101.     v   v                
46 2021 Amalia, A., & Fajar, D. M. (2021). Pengembangan E-book Interaktif Sebagai Sumber Belajar Mandiri Pada Materi Pemuaian Kelas VII SMP/MTs. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 88-95.     v v                  
47 2021 Rosyida, E., & Hasanah, R. (2021). WEBSITES AS SCIENCE LEARNING ON INVERTEBRATE ANIMALS MATERIALS AT STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 1 TEGALDLIMO BANYUWANGI. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(2), 209-217.     v v                  
48 2021 Susanti, L. Y., Suhardi, A., & Hasanah, R. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Virtual Laboratory Terintegrasi Teknologi Tepat Guna pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 235-243. v       v                
49 2021 Fibriana, N. I., Hasanah, R., Azizah, F. A. N., Jannah, A. F. N., & Rohmah, A. (2021). Analisis Tinjauan Ritual Grebeg Suro Desa Sumber Mujur dengan Pendekatan Etnosains sebagai Tradisi Masyarakat Lumajang. Experiment: Journal of Science Education, 1(2), 71-79.     v v                  
50 2021 Herfian, M., Trias, M. M., Wahyudi, M. C., & Hasanah, R. (2021). Studi Etnobotani Minuman Pokak Di Desa Clarak Kabupaten Probolinggo Sebagai Potensi Wisata Kuliner. Experiment: Journal of Science Education, 1(2), 63-70.     v v                  
51 2021 Mutmainah, V. H., Aziz, A., Ningsih, A. S., & Hasanah, R. (2021). Etnofarmasi Tunas Bambu Kuning Sebagai Pengobatan Hepatitis di Wuluhan Jember. Experiment: Journal of Science Education, 1(2), 57-62.     v v                  
52 2021 Ratnawati, D. M., Wahida, K. I. Z., Nuris, S. F., Maesaroh, R. F., & Hasanah, R. (2021). Exploration of the value of science in the selametan brokohan tradition that develops among the Banyuwangi community. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 6(2), 131-143.     v   v                
53 2021 Aini, C. N., & Habibi, M. W. (2021). Development of Booklet Based Science Learning Media for Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 155-167.     v v                  
54 2021 Nuraeni, M. I., & Habibi, M. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbentuk Komik Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk SMP/MT’s Kelas VIII. Experiment: Journal of Science Education, 1(1), 35-43.     v v                  
55 2021 Mufidah, L., & Habibi, M. W. (2022). Validitas Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII di SMP. Bioeduca: Journal of Biology Education, 4(1), 57-66.     v   v                
56 2021 Sholihati, I. W., & Habibi, M. W. (2022). Pengembangan Media Posbuk (Poster Buku) Terintegrasi Al-Qur’an Pembelajaran IPA Materi Struktur Tumbuhan Kelas VIII SMP/MTs. KULIDAWA, 2(2), 65-74.     v v                  
57 2021 Habibi, M. W., & Damayanti, A. Y. (2021). INVENTARISASI SPERMATOPHYTA DI PONPES NURIS JEMBER TAHUN AJARAN 2021. JURNAL BIOSENSE, 4(01), 19-32.     v   v                
58 2022 Husna, A., & Fajar, D. M. (2022). Development of Interactive Learning Media Based on Articulate Storyline 3 on Newton’s Law Material with a Contextual Approach at the Junior High School Level. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 4(1), 17-26.     v   v                
59 2022 Zubaidi, Fajar, D. M., & Habibi, M. W. HAMBATAN PERTUMBUHAN Salmonella thypi OLEH SAYAP LALAT SEBAGAI INTEGRASI PENGETAHUAN AGAMA DAN SAINS MODEL DUA BUKU. Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 4(1), 106-114. v               v        
60 2022 Nisyah, F. K., Fajar, D. M., Prahani, B. K., & Suhardi, A. (2022). Development of Science Module Based on the Meaning of Temperature and Heat Meaning Learning Model. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 10(2), 287-299.     v   v                
61 2022 Rifa'i, M. R. (2022). Analisis Respons Siswa Terhadap Model Guided Inquiry Berbasis Praktikum Pada Pembelajaran IPA Sub Materi Perpindahan Kalor. Experiment: Journal of Science Education, 2(1), 11-19.   v   v                  
62 2022 Suroso, J., & Mudakir, I. (2022). ANALYSIS OF HIGH SCHOOL STUDENTS CRITICAL THINKING ABILITY TO SOLVE SOCIAL SCIENCE PROBLEMS. Science and Technology, 7(3), 44-56. v         v              
56 Jumlah sejak 2019 8 14 36 25 20 4 0 0 2 6 0 1 0
62 Jumlah keseluruhan 14 14 36 26 24 4 0 0 2 7 0 1 0

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube