tadrisipaftik.iainjember@gmail.com

FORSIMAPA 2024: Menyambut Mahasiswa Baru Tadris IPA dengan Semangat Kebersamaan

Home >Berita >FORSIMAPA 2024: Menyambut Mahasiswa Baru Tadris IPA dengan Semangat Kebersamaan
Diposting : Rabu, 18 Sep 2024, 12:53:54 | Dilihat : 69 kali
FORSIMAPA 2024: Menyambut Mahasiswa Baru Tadris IPA dengan Semangat Kebersamaan


Pada tanggal 14-15 September 2024, Forum Silaturahmi Mahasiswa Tadris IPA (FORSIMAPA) diselenggarakan di Taman Galileo, Ambulu, Kabupaten Jember. Acara ini merupakan ajang penerimaan mahasiswa baru Tadris IPA angkatan 2024 dengan tema “Merajut Keberagaman, Membangun Generasi Muda IPA yang Solid, Inklusif, dan Kolaboratif”. Forsimapa merupakan merupakan sebuah acara tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris IPA di Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Ahmad Siddiq Jember. Acara ini bertujuan untuk menyambut dan memperkenalkan mahasiswa baru Tadris IPA kepada kehidupan kampus, membangun hubungan silaturahmi antar angkatan, serta memfasilitasi kegiatan pengembangan diri melalui materi, diskusi, dan berbagai kegiatan sosial. Forsimapa juga menjadi wadah untuk memperkuat kekompakan, rasa kebersamaan, dan semangat kolaborasi di antara mahasiswa Tadris IPA dari berbagai angkatan. Tahun ini Forsimapa dihadiri oleh seluruh mahasiswa Tadris IPA dari berbagai angkatan.

Seluruh peserta dengan penuh semangat menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars UIN KHAS Jember, dan Mars Tadris IPA. Acara dibuka oleh Bapak Wildan Habibi, M.Pd., salah satu dosen Tadris IPA. “Banyak sekali kegiatan di Prodi Tadris IPA yang sebelumnya tidak ada di sekolah. Di perkuliahan, kalian akan melakukan kegiatan praktikum, bukan hanya di laboratorium, tetapi juga ada studi lapang yang memberikan pengalaman belajar langsung di alam,” ujar beliau.

Setelah itu, sambutan diberikan oleh Khoirul Mustain, Ketua Panitia yang juga merupakan mahasiswa Tadris IPA angkatan 2023. Ia menyampaikan harapannya agar Forsimapa menjadi forum untuk mempererat persaudaraan antar mahasiswa. Sambutan selanjutnya diberikan oleh M. Dani Sofyan, Ketua Umum HMPS Tadris IPA periode 2024/2025, yang mengajak mahasiswa baru untuk aktif dan berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan kampus. M. Ibnul Hasan, Dema Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan juga sebagai mahasiswa Tadris IPA angkatan 2021 juga memberikan sambutan. Wildan Syaifurrahman, demisioner angkatan 2020, turut memberikan motivasi kepada mahasiswa baru agar siap menghadapi perjalanan akademik dengan semangat dan kebersamaan.

Pada hari pertama, acara dilanjutkan dengan sesi materi yang dibawakan oleh Agus Burhanudin, mahasiswa Tadris IPA angkatan 2021, yang mewakili Forsimapa (Forum Mahasiswa Pendidikan IPA Indonesia). Malam harinya, suasana menjadi lebih khidmat dengan diadakannya tahlil dan sholawat bersama dalam rangka memperingati Malam Maulid Nabi.

Setelah itu, acara semakin meriah dengan pentas seni, yang melibatkan berbagai penampilan seperti tarian, pembacaan puisi, nyanyian, dan drama. Puncak kegiatan malam itu ditandai dengan api unggun yang diadakan di lapangan, disertai sarasehan bersama para demisioner angkatan 2019, 2020, dan 2021.

Pada hari kedua, para peserta diajak untuk melakukan senam bersama di lapangan, yang dilanjutkan dengan outbound yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan kekompakan antar mahasiswa baru. Setelah outbound, dilakukan pemilihan ketua angkatan untuk mahasiswa baru angkatan 2024, diikuti dengan pembagian hadiah untuk berbagai kompetisi yang diadakan sepanjang acara.

Kegiatan Forsimapa 2024 ini ditutup dengan penuh kehangatan dan semangat kebersamaan. Para mahasiswa baru diharapkan dapat membawa semangat inklusif, solid, dan kolaboratif dalam menjalani masa studi mereka di Tadris IPA UIN KHAS Jember. 

- MDI -

Berita Terbaru

Acara Seminar Nasional 2024: Perkembangan Pendidikan Berbasis Capaian atau Outcome-Based Education (OBE)
18 Sep 2024By oprtadrisipa
FORSIMAPA 2024: Menyambut Mahasiswa Baru Tadris IPA dengan Semangat Kebersamaan
18 Sep 2024By oprtadrisipa
Profil Dosen Tadris IPA FTIK UIN Khas Jember
18 Sep 2024By oprtadrisipa

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;