tadrisipaftik.iainjember@gmail.com

Kuliah Tamu : Integrasi Antara Materi Listrik dan Magnet dalam Prespektif Al-Qur’an

Home >Berita >Kuliah Tamu : Integrasi Antara Materi Listrik dan Magnet dalam Prespektif Al-Qur’an
Diposting : Rabu, 21 Dec 2022, 13:28:30 | Dilihat : 651 kali
Kuliah Tamu : Integrasi Antara Materi Listrik dan Magnet dalam Prespektif Al-Qur’an


Senin, 28 November 2022, Program Studi Tadris IPA UIN KH Achmad Siddiq Jember kembali berhasil mengadakan kuliah tamu secara online bersama pakar pada mata kuliah Listrik dan Magnet (IPAS11919). Tema yang diangkat adalah “Integrasi konsep listrik dan magnet dalam perspektif Al-Qur'an" dengan narasumber Ibu Diniyah, M. Pd. Dosen program studi Tadris IPA UIN SUSKA Riau dan Bapak Dinar Maftukh Fajar, S.Pd., M.PFis. sebagai moderatornya yang merupakan koorprodi Tadris IPA UIN KH Achmad Siddiq Jember. Kuliah tamu ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Tadris IPA semester 5 secara virtual melalui Zoom Meeting.

Dalam pemaparannya, beliau manyampaikan Sains dalam Al quran yaitu dalam hakikat manusia menurut Al-Qur’an ada dimensi material (Jasad) dan dimensi immaterial (Ruh, akal, nafsu, qalbu). Selanjutnya, paparan mengenai manfaat besi dalam kehidupan contohnya sebagai peralatan rumah tangga. Sedangkan manfaat besi menurut Al-Qur’an bahwa besi memiliki kedudukan yang istimewa sehingga Allah menjadikan besi sebagai salah satu nama surah di dalam Al-Qur’an yaitu surah al hadid yang merupakan surah ke-57. Kuliah tamu diakhiri dengan pemaparan terkait ilmuan muslim sebagai penemu listrik dan magnet. Mahasiswa merasa heran dan lebih ingin tahu bahwa ternyata besi memiliki manfaat dalam Al-Qur’an dan tidak hanya dalam kehidupan secara umum.

Kuliah tamu ini sukses dihadiri oleh 2 kelas angkatan 2020 (sekitar 80 mahasiswa). Besar harapan prodi untuk seluruh mahasiswa Tadris IPA sebagai calon guru IPA SMP/MTs dapat menghubungkan materi IPA dengan prespektif Al-Qur’an sehingga salah satu profil lulusan dapat tercapai yaitu menjadi pendidik IPA yang baik dalam bidang sains serta mampu mengintegrasi dalam bidang agama (Dinar/ Rafi) .

Berita Terbaru

The 2nd Annual Conference of Islamic Education (ACIE) 2023 Kembali Digelar, Delegasi Dari 3 Benua Ikut Berpartisipasi
17 Nov 2023By oprtadrisipa
UIN KHAS Jember MoU dengan Eakkapa Sasanawich Islamic School Krabi Thailand
17 Nov 2023By oprtadrisipa
Terapkan MBKM, FTIK UIN KHAS lepas 59 mahasiswa Program Asistensi Mengajar dan Asistensi Manajerial hingga ke Thailand
17 Nov 2023By oprtadrisipa

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;