header-int

Pengantar Etnobotani dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA di Sekolah

Senin, 26 Sep 2022, 10:04:14 WIB - 75 View
Share
Pengantar Etnobotani dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA di Sekolah

Jumat, 26 Agustus 2022, Prodi Tadris IPA mengadakan Webinar Etnobotani dengan mengangkat tema “Pengantar Etnobotani dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Sekolah.” Pemateri dalam Webinar ini, diisi langsung oleh Peneliti Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi - BRIN yaitu Ibu Asih Perwita Dewi, S.Pd., M.Si. dan Ibu Rafiatul Hasanah, M.Pd. sebagai moderatornya yang merupakan salah satu Dosen Tadris IPA UIN KH Achmad Siddiq Jember.

 Webinar Etnobotani dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting yang diselenggarakan pada pukul 08.00 WIB - selesai. Webinar ini dihadiri oleh Dosen-dosen Tadris IPA dan diikuti lebih dari 150 orang peserta yang bukan hanya berstatus Mahasiswa dan Alumni Tadris IPA UIN KHAS Jember saja, melainkan dari Prodi dan Universitas lainnya. Salah satu penyampaian menarik dari pemateri yaitu Etnobotani dapat dimanfaatkan dalam bentuk pangan, obat, konstruksi, serat, mistis dan budaya, sehingga pemanfaatan ini berkolaborasi dengan beberapa program studi lainnya, seperti Tadris Biologi, Pendidikan Agama, Jurusan Antropologi, Teknik Arsitektur, kehutanan, Ilmu Pangan, Tata Boga dan Kosmetik.

Webinar ini bertujuan untuk mewujudkan visi keilmuan Tadris IPA yaitu melaksanakan pendidikan IPA yang selaras dengan prinsip-prinsip integrasi ilmu, keislaman dan kearifan lokal. Sehingga, harapan diadakannya Webinar ini yaitu agar Mahasiswa Tadris IPA dapat mengetahui, mengaitkan dan mengembangkan integrasi mata kuliah IPA dengan pemanfaatan Etnobotani, dimana manfaat Etnobotani sendiri sangat besar bagi kehidupan manusia. (Nindi/Rafiatul Hs)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube