Sudah Saatnya Pembelajaran IPA Berbasis OBE
Tantangan pendidikan abad 21 adalah peran dan strategi dalam menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan di Perguruan Tinggi dengan dunia kerja dan kebutuhan inovasi. Salah satu pendekatan yang digunakan untuk mewadahi pendidikan abad 21 adalah Outcome-Based Education (OBE).OBE adalah proses pendidikan yang fokus dalam capaian pembelajaran tertentu yang telah ditentukan (berorientasi pada pengetahuan, keterampilan dan perilaku).
Dalam proses kegiatannya, OBE di awali dengan gambaran yang jelas tentang kemampuan penting yang bisa dilakukan oleh mahasiswa saat lulus. Kemudian mengorganisasi kurikulum, sistem pembelajaran dan penilaian, secara terstruktur untuk memastikan bahwa proses pembelajaran terjadi dna Capaian Pembelajaran (CP) tercapai. Workshop OBE diselenggarakan di Kabupaten Jember yang difasilitasi oleh Prodi Pendidikan Biologi Universitas Jember, dengan mengundang narsum dari tim LPM UGM ibu Leni Sophia Heliani ST., M.Sc., D.Sc. Para peserta dari banyak kalangan dan prodi, salah satunya dari Tim Tadris IPA. Pembelajaran IPA tidak lagi hanya berbasis output dan berfokus dalam penuntasan meberian materi saja (Output), tetapi lebih fokus untuk berorientasi pada sisi luaran (Outcome).