tadrisipaftik.iainjember@gmail.com

Tadris IPA UIN KHAS Jember Sukses Mengadakan Kuliah Tamu Bersama Pakar Media Pembelajaran

Home >Berita >Tadris IPA UIN KHAS Jember Sukses Mengadakan Kuliah Tamu Bersama Pakar Media Pembelajaran
Diposting : Senin, 14 Nov 2022, 15:38:20 | Dilihat : 289 kali
Tadris IPA UIN KHAS Jember Sukses Mengadakan Kuliah Tamu Bersama Pakar Media Pembelajaran


Pada tanggal 29 September 2022 kemarin, program studi Tadris IPA UIN KHAS Jember kembali berhasil mengadakan kuliah tamu secara online bersama pakar pada mata kuliah Komputasi IPA (IPAPS12104) dan Media Pembelajaran IPA (IPAS12103). Tema yang diusung adalah “Mengembangkan Website Pembelajaran IPA Melalui Google Sites” dengan narasumber Bapak Dr. Wirawan Fadly, M.Pd. Dosen sekaligus ketua program studi Tadris IPA IAIN Ponorogo ini memang pakar di bidang pengembangan media pembelajaran dan sering mengisi kuliah tamu lintas kampus dengan tema-tema terkait.  

Kegiatan dibuka oleh Kaprodi Tadris IPA UIN KHAS Jember, Bapak Dinar Maftukh Fajar, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menuturkan “Kuliah tamu bersama pakar adalah salah satu tuntutan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka - Red), sekaligus perintah akreditasi Lamdik (Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan - Red). Dalam perancangannya, kita telah menyusun RPS (Rencana Pembelajaran Semester - Red) pada mata kuliah Komputasi IPA di awal semester. Salah satunya ada materi Pengembangan Website. Nah kita berusaha mencarikan pakar yang mumpuni untuk mengisi materi ini secara khusus. Álhamdulillah ada Pak Wirawan dari Adrispa (Asosiasi Dosen Tadris IPA - Red) sekaligus kaprodi dari Tadris IPA IAIN Ponorogo pakar dalam bagian ini dan bisa mengisi. Kami berharap semoga kerja sama kami dengan Tadris IAIN Ponorogo dapat terus berlanjut pada program-program tri darma selanjutnya.”

Dr. Wirawan Fadly memulai dengan memberikan overview mengenai berbagai website dalam dunia pendidikan (ada shinkenjuku, ruang guru, zenius, brainly, kelas pintar, dsb), lalu dilanjutkan dengan bagaimana kebutuhan, tujuan dan manfaat website dalam pendidikan dan pembelajaran. Selanjutnya, paparan mengenai Google Sites dipilih sebagai platform pembuat website karena berbagai keunggulan: Gratis, mudah dibuat (jika teks dimasukkan, sebuah halaman web langsung dibuat), bisa berkolaborasi dengan yang lain untuk membuat dan menyunting isi situs, terintegrasi dengan perangkat Google lain sehingga dapat dengan mudah berbagi video, foto, presentasi dan kalender, dan situs yang dibuat menjadi mudah dicari menggunakan teknologi pencari Google. Kuliah tamu diakhiri dengan praktik membuat website yang diikuti oleh seluruh peserta. Mahasiswa merasa heran bahwa ternyata website pembelajaran dapat dibuat dengan mudah dengan Google Sites.

Alhamdulillah, kuliah tamu ini sukses dihadiri oleh 3 kelas angkatan 2021 (sekitar 80 mahasiswa). Sebagian besar mahasiswa memberi respons positif kegiatan ini dan mengharapkan kuliah-kuliah tamu lebih banyak diagendakan dalam satu semester. (author: DMF/ editor: RH)

Berita Terbaru

The 2nd Annual Conference of Islamic Education (ACIE) 2023 Kembali Digelar, Delegasi Dari 3 Benua Ikut Berpartisipasi
17 Nov 2023By oprtadrisipa
UIN KHAS Jember MoU dengan Eakkapa Sasanawich Islamic School Krabi Thailand
17 Nov 2023By oprtadrisipa
Terapkan MBKM, FTIK UIN KHAS lepas 59 mahasiswa Program Asistensi Mengajar dan Asistensi Manajerial hingga ke Thailand
17 Nov 2023By oprtadrisipa

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;