UPDATE PUBLIKASI KARYA TULIS ILMIAH TADRIS IPA (2018-2022)
|
Korprodi
Dinar M. F., M.Pfis.
No | Tahun | Publikasi (Referensi dalam Format APA) | Penulis | Jenis | |||||||||||
Dosen | Mhs | Kolaborasi | Artikel di jurnal nasional ber-ISSN | Artikel di jurnal nasional terakreditasi Kemdikbud/Ristek-BRIN | Artikel di jurnal internasional | Artikel di jurnal internasional bereputasi | Artikel dalam prosiding seminar lokal/perguruan tinggi | Artikel dalam prosiding seminar nasional | Artikel dalam prosiding seminar internasional | Tulisan di media massa lokal atau wilayah | Tulisan di media massa nasional | Tulisan di media massa internasional | |||
1 | 2018 | Suhardi, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Mind Map Terhadap Pemahaman Konsep Pendidikan Agama Islam Bagi Mahasiswa Iain Jember. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1(1), 29-29. | v | v | |||||||||||
2 | 2018 | Susanti, L. Y., Hasanah, R., & Khirzin, M. H. (2018). Penerapan media pembelajaran kimia berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA/SMK pada materi reaksi redoks. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 6(2), 32-40. | v | v | |||||||||||
3 | 2018 | Munawaroh, S. B., Sudiarti, D., & Khusnah, L. (2017). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK TUMBUHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY KELAS VIII SMP ISLAM MAYANGAN GUMUKMAS JEMBER TP. 2016/2017. JURNAL BIOSHELL, 6(1). | v | v | |||||||||||
4 | 2018 | Aimah, M., Hasbiyati, H., & Khusnah, L. (2017). Penggunaan Aplikasi Macromedia Flash 8 Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioshell, 6(1). | v | v | |||||||||||
5 | 2018 | Hasanah, R., Susanti, L. Y., Rahayu, Y. S., & Jayanti, P. (2018, July). Science Process Skills to Facilitate the Achievement of Students’ Learning Outcomes. In 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing Identities through Language, Culture, and Education (SOSHEC 2018) (pp. 136-140). Atlantis Press. | v | v | |||||||||||
6 | 2018 | Susilawati, & Zubaidi. (2018). PERBANDINGAN HASIL PEMERIKSAAN HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL DENGAN BEBERAPA METODE. MIKIA: Mimbar Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak (Maternal and Neonatal Health Journal), 2(1), 39–43 | v | v | |||||||||||
7 | 2019 | Suroso, J., Indrawati, I., & Harianto, R. The Impact of Interactive Physics Animate Media to Concept understanding of High School Students. | v | v | |||||||||||
8 | 2019 | Adawiyah, I. R., Kurniadini, D., Jefri Al Buchory, & Habibi, M. W. (2019, September 30). Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Pl@ntNet Dalam Proses Pembelajaran Siswa SMP. International Conference on Social Sciences And Humanities?: ICOSAH III, Universiti Sains Islam Malaysia, Negeri Sembilan, Malaysia. http://www.myaidconference.com/e-proceeding-archive.html | v | v | |||||||||||
9 | 2019 | Fajar, D. M., & Rohmah, I. G. (2019). Kajian Eksperimen Pengukuran Suhu Matahari Menggunakan Peralatan Sederhana Sebagai Pengayaan Materi Radiasi di Tingkat SMA. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 9-18. | v | v | |||||||||||
10 | 2019 | Suhardi, A. (2019). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MARGINAL MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP-PEREMPUAN (PKH-P). AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 10(1), 67-81. | v | v | |||||||||||
11 | 2019 | Rosalina, S. S., Mawaddah, N. V., A., I. S., Hamdani, N. F., & Suhardi, A. (2019, September 30). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Android Pada Materi IPA SMP/MTs. International Conference on Social Sciences And Humanities?: ICOSAH III, Universiti Sains Islam Malaysia, Negeri Sembilan, Malaysia. http://www.myaidconference.com/e-proceeding-archive.html | v | v | |||||||||||
12 | 2019 | Khusnah, L., & Arijanah, C. I. (2018). INSTRUMEN EVALUASI SIKAP SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING MODEL. JURNAL BIOSHELL, 7(1). | v | v | |||||||||||
13 | 2019 | Rohman, H., Hasanah, R., Latifah, N. I., Saadah, F. Y., & Cincin Nohan Rembulan. (2019, September 30). Pengembangan Modul IPA Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Berbasis Kearifan Lokal Di Pesisir Papuma Ambulu Untuk SMP/ MTs Kelas VII. International Conference on Social Sciences And Humanities?: ICOSAH III, Universiti Sains Islam Malaysia, Negeri Sembilan, Malaysia. http://www.myaidconference.com/e-proceeding-archive.html | v | v | |||||||||||
14 | 2019 | SUHARDI, A. S. A. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs). Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1). | v | v | |||||||||||
15 | 2019 | Lailatul Ulfa Maghfiroh, Nisak, K., Sholehuddin, Muh., & Hasanah, R. (2019, September 30). ANALYSIS OF WEED VEGETATION IN PADDY FIELDS IN KALIWINING VILLAGE, JEMBER REGENCY. International Conference on Social Sciences And Humanities?: ICOSAH III, Universiti Sains Islam Malaysia, Negeri Sembilan, Malaysia. http://www.myaidconference.com/e-proceeding-archive.html | v | v | |||||||||||
16 | 2019 | Husna, A., Jannah, M., Nurhalimah, S., Junaedy, A. G., & Fajar, D. M. (2019, September 30). INTEGRASI SAINS DAN ISLAM DALAM MEMBENTUK GENERASI ULUL ALBAB: STUDI POTENSI LAMPU OTOMATIS SENSOR CAHAYA BERBASIS PENAFSIRAN SURAH AN-NUUR AYAT 43. International Conference on Social Sciences And Humanities?: ICOSAH III, Universiti Sains Islam Malaysia, Negeri Sembilan, Malaysia. http://www.myaidconference.com/e-proceeding-archive.html | v | v | |||||||||||
17 | 2020 | Izzah, I. (2020, Juni 4). Transformasi Pendidikan di Era Pandemi. Mahasiswa Mengaji. https://www.mahasiswamengaji.com/transformasi-pendidikan-di-era-pandemi/ | v | v | |||||||||||
18 | 2020 | Husna, A., Jannah, M., & Nurhalimah, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Getaran dan Gelombang Berbasis Pendidikan Karakter dalam Membentuk Iman dan Taqwa. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 2, 441-444. | v | v | |||||||||||
19 | 2020 | Fikriya, A., & Fajar, D. M. (2020). Pengembangan Alat Peraga Bahaya Rokok dan Mekanisme Pernapasan Pada Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Eksakta: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 210-216. | v | v | |||||||||||
20 | 2020 | Nisaq, K., & Fajar, D. M. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS VII MTSN 2 BONDOWOSO. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 177-185. | v | v | |||||||||||
21 | 2020 | Kurniawan, R. A., Rifa’i, M. R., & Fajar, D. M. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran PhET berbasis Virtual Lab pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19-28. | v | v | |||||||||||
22 | 2020 | Rosalina, S. S., & Suhardi, A. (2020). Need Analysis Of Interactive Multimedia Development With Contextual Approach On Pollution Material. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 93-108. | v | v | |||||||||||
23 | 2020 | Rifai, M. R., Kurniawan, R. A., & Hasanah, R. (2020). Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan Aplikasi Plantnet pada Mata Kuliah Klasifikasi Makhluk Hidup. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 29-38. | v | v | |||||||||||
24 | 2020 | Jannah, M., Husna, A., & Nurhalimah, S. (2020). Pembuatan Aplikasi Android Dengan Cepat Menggunakan Ispring Untuk Menunjang Pembelajaran Secara Daring. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 66-72. | v | v | |||||||||||
25 | 2020 | Rasyid, A. N. (2020). Astronomi dan Kosmologi dalam perspektif Al-Qur’an . VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 39-49. | v | v | |||||||||||
26 | 2020 | Rasyid, A. N., Amaliyah, S. ., & Nurlaili, A. I. . (2020). Kajian Kritis Penggunaan Aplikasi Tele-Conference Zoom dalam Perkuliahan Online Selama Masa Tanggap COVID-19. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 89-102. | v | v | |||||||||||
27 | 2020 | Ismiyanti, N. (2020). Perancangan Pembelajaran IPA Menggunakan Software Videoscribe. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 50-58. | v | v | |||||||||||
28 | 2020 | Suhardi, A., Susanti, L. Y., & Susilawati, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Mind Map Terhadap Pemahaman Konsep Stoikiometri. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 106-114. | v | v | |||||||||||
29 | 2020 | Saadah, F. Y., & Susanti, L. Y. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ipa kelas VII MTs. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 81-90. | v | v | |||||||||||
30 | 2020 | Abdillah, A., & Fajar, D. M. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ajung Melalui Praktikum GLB dan GLBB. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 48-54. | v | v | |||||||||||
31 | 2020 | Khusnah, L. (2020). Persepsi Guru IPA SMP/MTs terhadap Praktikum IPA Selama Pandemi COVID-19. Science Education and Application Journal, 2(2), 112-118. | v | v | |||||||||||
32 | 2020 | Suhardi, A., Rosalina, S. S., & Sutrisno, N. (2020). The Effectiveness of Science Multimedia Interactive Based on Aurora 3D Presentation on Student Learning Outcomes. THABIEA: JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING, 3(2), 110-119. | v | v | |||||||||||
33 | 2020 | Aini, C. N., & Habibi, M. W. (2021). Development of Booklet Based Science Learning Media for Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 155-167. | v | v | |||||||||||
34 | 2020 | Habibbulloh, M., Nurman, M., & Fajar, D. M. Effectiveness of Online Learning Implementation in Topic Dynamic Electricity during the Covid-19 Pandemic at Junior High School. | v | v | |||||||||||
35 | 2020 | Suroso, J., Indrawati, S., & Mudakir, I. (2020). Profile of High School Students Science Literation in East Java (No. 4181). EasyChair. | v | v | |||||||||||
36 | 2021 | Rifa'i, M. R., Kurniawan, R. A., & Pramono, B. (2021). THE FORMATION OF INTELLECTUAL AND SPIRITUAL INTELLIGENCE OF STUDENTS IN THE ERA OF ADVANCED SCIENCE AND TECHNOLOGY WITH T2R INNOVATION. JURNAL TARBIYAH, 27(2). | v | v | |||||||||||
37 | 2021 | Kurniawan, R. A. (2021). Analisis Standarisasi Sarana, Prasarana dan Tenaga Laboratorium IPA MTs Negeri 8 Jember. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 6(1), 29-42. | v | v | |||||||||||
38 | Rifa'i, M. R., Febriana, N. I., Azizah, F. A. N., Salma, F. F., & Habibi, M. W. (2021). Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA SMP Negeri 1 Sukodono Lumajang. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 6(1), 1-14. | v | v | ||||||||||||
37 | 2021 | Amalatus, R. B., Alifha, R. N., Ningsih, I. S., Hartono, A., & Ikbal, M. (2021). Analisis Studi Kelayakan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam di SMPN 2 Tempurejo. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 49-55. | v | v | |||||||||||
38 | 2021 | Ismiyanti, N., Windasari, R. ., M. S, A. ., H.M, V. ., & Aziz, A. . (2021). Identifikasi Standarisasi Laboratorium IPA di Salah Satu MTs Jember. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 41-48 | v | v | |||||||||||
39 | 2021 | Rahmawati, D. R., & Wulandari, D. (2021). Pembelajaran dengan Media Berbasis Problem Base Learning pada Materi Tekanan dalam Mengembangkan Sikap Peserta Didik. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 1-15 | v | v | |||||||||||
40 | 2021 | Suroso, J., Indrawati, Sutarto, Mudakir, I., & Chotib, M. (2021, March). Analysis of high school students’ skills in solving science problems in the environment. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2330, No. 1, p. 050004). AIP Publishing LLC. | v | v | |||||||||||
41 | 2021 | Fajar, D. M., & Habibbulloh, M. (2021). Pengembangan Modul IPBA Materi Sistem Bumi-Bulan Berbasis Integrasi Sains-Islam. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 126-140. | v | v | |||||||||||
42 | 2021 | Amallilah, F. D., & Susanti, L. Y. (2021). Application of the Virtual Laboratory Assisted Inquiry Learning Model for Understanding the Concept of Light Theory and Optical Instruments for Class VIII Students of SMPN 24 Bekasi. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 3(2), 175-185. | v | v | |||||||||||
43 | 2021 | Imamah, N., & Susanti, L. Y. (2021). Development of Sigil-Based Additives and Addictive Substances Teaching Chart for Junior High School Students: Alternative Learning Resources During a Pandemic. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 15-30. | v | v | |||||||||||
44 | 2021 | Rembulan, C. N., & Susanti, L. Y. (2021). The Effect of Virtual Laboratory Implementation on The Science Literacy Ability of Class VIII Students on Material Force and Movement of Objects at MTs Negeri 1 Jember. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 74-86. | v | v | |||||||||||
45 | 2021 | Damayanti, A. T., Fajar, D. M., & Habibbulloh, M. (2021). Monoicado: Monopoly game modification for science learning on Light and Optical Instruments. Science Education and Application Journal, 3(2), 89-101. | v | v | |||||||||||
46 | 2021 | Amalia, A., & Fajar, D. M. (2021). Pengembangan E-book Interaktif Sebagai Sumber Belajar Mandiri Pada Materi Pemuaian Kelas VII SMP/MTs. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 88-95. | v | v | |||||||||||
47 | 2021 | Rosyida, E., & Hasanah, R. (2021). WEBSITES AS SCIENCE LEARNING ON INVERTEBRATE ANIMALS MATERIALS AT STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 1 TEGALDLIMO BANYUWANGI. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(2), 209-217. | v | v | |||||||||||
48 | 2021 | Susanti, L. Y., Suhardi, A., & Hasanah, R. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Virtual Laboratory Terintegrasi Teknologi Tepat Guna pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 235-243. | v | v | |||||||||||
49 | 2021 | Fibriana, N. I., Hasanah, R., Azizah, F. A. N., Jannah, A. F. N., & Rohmah, A. (2021). Analisis Tinjauan Ritual Grebeg Suro Desa Sumber Mujur dengan Pendekatan Etnosains sebagai Tradisi Masyarakat Lumajang. Experiment: Journal of Science Education, 1(2), 71-79. | v | v | |||||||||||
50 | 2021 | Herfian, M., Trias, M. M., Wahyudi, M. C., & Hasanah, R. (2021). Studi Etnobotani Minuman Pokak Di Desa Clarak Kabupaten Probolinggo Sebagai Potensi Wisata Kuliner. Experiment: Journal of Science Education, 1(2), 63-70. | v | v | |||||||||||
51 | 2021 | Mutmainah, V. H., Aziz, A., Ningsih, A. S., & Hasanah, R. (2021). Etnofarmasi Tunas Bambu Kuning Sebagai Pengobatan Hepatitis di Wuluhan Jember. Experiment: Journal of Science Education, 1(2), 57-62. | v | v | |||||||||||
52 | 2021 | Ratnawati, D. M., Wahida, K. I. Z., Nuris, S. F., Maesaroh, R. F., & Hasanah, R. (2021). Exploration of the value of science in the selametan brokohan tradition that develops among the Banyuwangi community. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 6(2), 131-143. | v | v | |||||||||||
53 | 2021 | Aini, C. N., & Habibi, M. W. (2021). Development of Booklet Based Science Learning Media for Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 155-167. | v | v | |||||||||||
54 | 2021 | Nuraeni, M. I., & Habibi, M. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbentuk Komik Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk SMP/MT’s Kelas VIII. Experiment: Journal of Science Education, 1(1), 35-43. | v | v | |||||||||||
55 | 2021 | Mufidah, L., & Habibi, M. W. (2022). Validitas Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII di SMP. Bioeduca: Journal of Biology Education, 4(1), 57-66. | v | v | |||||||||||
56 | 2021 | Sholihati, I. W., & Habibi, M. W. (2022). Pengembangan Media Posbuk (Poster Buku) Terintegrasi Al-Qur’an Pembelajaran IPA Materi Struktur Tumbuhan Kelas VIII SMP/MTs. KULIDAWA, 2(2), 65-74. | v | v | |||||||||||
57 | 2021 | Habibi, M. W., & Damayanti, A. Y. (2021). INVENTARISASI SPERMATOPHYTA DI PONPES NURIS JEMBER TAHUN AJARAN 2021. JURNAL BIOSENSE, 4(01), 19-32. | v | v | |||||||||||
58 | 2022 | Husna, A., & Fajar, D. M. (2022). Development of Interactive Learning Media Based on Articulate Storyline 3 on Newton’s Law Material with a Contextual Approach at the Junior High School Level. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 4(1), 17-26. | v | v | |||||||||||
59 | 2022 | Zubaidi, Fajar, D. M., & Habibi, M. W. HAMBATAN PERTUMBUHAN Salmonella thypi OLEH SAYAP LALAT SEBAGAI INTEGRASI PENGETAHUAN AGAMA DAN SAINS MODEL DUA BUKU. Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 4(1), 106-114. | v | v | |||||||||||
60 | 2022 | Nisyah, F. K., Fajar, D. M., Prahani, B. K., & Suhardi, A. (2022). Development of Science Module Based on the Meaning of Temperature and Heat Meaning Learning Model. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 10(2), 287-299. | v | v | |||||||||||
61 | 2022 | Rifa'i, M. R. (2022). Analisis Respons Siswa Terhadap Model Guided Inquiry Berbasis Praktikum Pada Pembelajaran IPA Sub Materi Perpindahan Kalor. Experiment: Journal of Science Education, 2(1), 11-19. | v | v | |||||||||||
62 | 2022 | Suroso, J., & Mudakir, I. (2022). ANALYSIS OF HIGH SCHOOL STUDENTS CRITICAL THINKING ABILITY TO SOLVE SOCIAL SCIENCE PROBLEMS. Science and Technology, 7(3), 44-56. | v | v | |||||||||||
56 | Jumlah sejak 2019 | 8 | 14 | 36 | 25 | 20 | 4 | 0 | 0 | 2 | 6 | 0 | 1 | 0 | |
62 | Jumlah keseluruhan | 14 | 14 | 36 | 26 | 24 | 4 | 0 | 0 | 2 | 7 | 0 | 1 | 0 |