tadrisipaftik.iainjember@gmail.com

Visi Keilmuan dan Tujuan Program Studi Tadris IPA UIN KHAS Jember

Home >Berita >Visi Keilmuan dan Tujuan Program Studi Tadris IPA UIN KHAS Jember
Diposting : Senin, 27 Feb 2023, 14:28:00 | Dilihat : 689 kali
Visi Keilmuan dan Tujuan Program Studi Tadris IPA UIN KHAS Jember


Visi Keilmuan Program Studi Tadris IPA mengacu pada visi Institusi UIN KHAS Jember dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Visi UIN KHAS Jember, yaitu “Menjadi Perguruan Tinggi Islam Terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 2045 dengan Kedalaman Ilmu Berbasis Kearifan Lokal untuk Kemanusiaan dan Peradaban”. Sedangkan visi FTIK, yaitu “Terkemuka di Asia Tenggara pada Tahun 2045 dengan Kedalaman Bidang Ilmu Pendidikan Islam, Sains, dan Humaniora Berbasis Kearifan Lokal untuk Kemanusiaan dan Peradaban.”

Berdasarkan visi institusi dan fakultas, serta hasil kajian diskusi bertahap dengan berbagai pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal, maka dihasilkan rumusan akhir sebagai berikut


Visi Keilmuan Prodi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember

Menjadi penyelenggara pendidikan IPA yang berlandaskan integrasi ilmu, keislaman, dan kearifan lokal.

Tujuan Prodi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember

  1. Menghasilkan pendidik IPA, pengelola laboratorium IPA dan wirausahawan bidang Tadris IPA yang kompeten berlandaskan integrasi ilmu, keislaman, dan kearifan lokal.
  2. Menghasilkan dan memanfaatkan penelitian bidang pendidikan IPA yang berlandaskan integrasi ilmu, keislaman, dan kearifan lokal.
  3. Menghasilkan dan menerapkan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan IPA yang berlandaskan integrasi ilmu, keislaman, dan kearifan lokal.
  4. Terjalinnya kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan IPA.

Visi Program Studi Tadris IPA UIN KHAS Jember memiliki makna:

  • Pendidikan IPA bermakna prodi Tadris IPA akan mengimplementasikan proses pembelajaran yang menunjang kemampuan hard skill dan soft skill untuk menghasilkan pendidik atau guru pada mata pelajaran IPA di tingkat SMP/MTs sederajat.
  • Integrasi bermakna penggabungan dari berbagai ilmu, dalam hal ini adalah penggabungan ilmu kealaman dan ilmu-ilmu yang lain.
  • Ilmu (science) maknanya ialah civitas akademika memiliki ciri khas mampu memahami, mencintai, dan menggunakan, serta menampakkan sebagai seorang ilmuwan / cendekiawan sains kealaman yang integratif.
  • Keislaman bermakna setiap civitas akademika wajib menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan menjalankan ajaran islam sesuai petunjuk dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah.
  • Kearifan lokal bermakna civitas akademika wajib menghargai dan menjunjung tinggi pranata sosial, budaya, dan adat-istiadat lokal.

Rumusan visi keilmuan Program Studi Tadris IPA UIN KHAS Jember telah ditetapkan melalui SK Dekan FTIK nomor 60b tahun 2022 pada tanggal 22 Juli 2022. 

SK Visi Keilmuan Tadris IPA UIN KHAS Jember

Segenap civitas akademika program studi Tadris IPA diimbau untuk saling mensosialisasikan visi keilmuan tersebut. Prodi terus mendorong para dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa untuk selalu terlibat aktif dalam pencapaian visi keilmuan tersebut dalam setiap aktivitas tri dharma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat).

Berita Terbaru

The 2nd Annual Conference of Islamic Education (ACIE) 2023 Kembali Digelar, Delegasi Dari 3 Benua Ikut Berpartisipasi
17 Nov 2023By oprtadrisipa
UIN KHAS Jember MoU dengan Eakkapa Sasanawich Islamic School Krabi Thailand
17 Nov 2023By oprtadrisipa
Terapkan MBKM, FTIK UIN KHAS lepas 59 mahasiswa Program Asistensi Mengajar dan Asistensi Manajerial hingga ke Thailand
17 Nov 2023By oprtadrisipa

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;